Tips Memilih Flash Memory Card

Saat ini terdapat banyak merk produk Flash Memory Card, selain merek yang dibawa perangkat itu sendiri (seperti HP, Digital Camera, dsb).Bagaimana caranya memilih produk yang tepat untuk perangkat yang kita gunakan?
Untuk itu produsen gadget juga harus menyertakan memory card (atau Flash Memory) tambahan untuk menampung data tersebut. Saat ini sudah tersedia berbagai varian Flash Memory, seperti MMC, SD Card atau CF sesuai dengan pilihan. Berbagai pilihan ini kadang terasa menyulitkan, karena kesesuaian produk dengan flash memory jadi memiliki banyak kombinasi kecocokan. Umumnya produsen gadget maupun Flash Memory telah menyertakan keterangan yang cukup jelas pada produk mereka.

Di bawah ini ada beberapa tips dalam memilih flash memory yang sesuai :
  • Jangan terpaku pada harga murah yang tidak masuk akal ! Harga murah selalu berkonotasi negatif. Walau kita mendapat harga murah tapi tidak bisa dipakai, itu sama saja bohong!

  • Saat ini kapasitas standar untuk semua perangkat adalah 128 ~ 256 MB. Tapi jika ingin lebih besar sudah ada tipe Flash Memory dengan kapasitas sampai 4 ~ 8GB. Penggunakan Flash Kapasitas besar sudah lumrah saja, karena kebutuhan aplikasi/data yang semakin besar. Contohnya saat ini HP terbaru menggunakan camera integrated 3,2 Megapixel yang menghasilkan file gambar sebesar 1 MB lebih !

  • Harga Flash Memory selalu berfluktuatif, karena dipengaruhi faktor supply dan persaingan. Tapi harganya selalu cenderung menurun. Untuk itu, jangan langsung membeli di satu toko saja untuk diperbandingkan.

  • Pilihlah merek anda sendiri, jangan tergoda oleh "bujukan" toko.

  • Selalu gunakan merek terbaik dan terpercaya. Saat ini terdapat beragam merek (terutama lokal) yang kualitasnya cukup meragukan. Merek-merek terpercaya biasanya sudah lama eksis dan sudah cukup dikenal.

  • Pilih teknologi yang sesuai dengan perangkat anda. Cek dengan baik apakah perangkat tersebut menggunakan SD Car, MMC+, Mini SD atau lainya?
  • Pilihlah kapasitas yang moderet dan sesuai kebutuha. Saat ini sebaiknya kita minimal menggunakan kapasitas 1GB dan maksimal 8GB.
  • Cocokkan speed (kecepatan) Flash Memory dengan perangkat yang ada. Misalnya Digital Camera yang menggunakan speed 12x, berarti kita harus membeli card dengan angka yang sama 1x = 150 Kbps, yaitu transfer data maksimum yang dapat dilakukan oleh perangkat tersebut
  • Layanan purna jual (after-sales-service) terpercaya, mudah dengan garansi seumur hidup (lifetime warranty)
  • Memiliki website terdedikasi yang up-to-date dan gampang diakses. Website dengan conten seperti ini menunjukkan jika produk dan perusahaanya terpercaya.

Sumber : http://id.visipro.com/?section=news&item=3

Shiro Usagi

No comments:

Post a Comment

olla :)
write your comment here
or any suggestion? write it at comment too :D
thanks for visiting :)
comeback again later :)
and NO SPAM!! NO HARRASEMENT!! please...
Thank you :)

Instagram